SANG KUDA HITAM PIALA DUNIA 2018

June 23, 2018


Para Pemain Kroasia Merayakan Gol Ke 3
Pastinya tak ada yang menyangka jika yang berpeluang besar mengunci posisi juara grup D adalah Kroasia. Berada satu grup dengan Argentina, pada awalnya Kroasia hanya diprediksi menjadi runner up dan mendampingi Argentina melaju ke fase 16 besar. 

Tetapi semua prediksi tersebut mampu dipatahkan oleh permainan ciamik anak asuhan Zlatko Dalic. Bahkan dalam pertanding kedua grup D, Kroasia diluar dugaan mampu mencukur Argentina dengan skor tiga gol tanpa balas. Berkat kemenangan tersebut, Kroasia bertengger diurutan pertama dengan poin 6, unggul 3 poin dari Nigeria di posisi ke dua. Sedangkan Islandia dan Argentina berada di posisi 3 dan 4 dengan mengantongi 1 poin.

Jika dihitung secara matematis, posisi Kroasia hanya dapat digeser oleh Nigeria dengan syarat mereka mampu mencukur Argentina dengan skor minimal selisih 5 gol. Namun itu semua nyaris tidak mungkin mengingat Argentina pastinya juga akan mati-matian untuk memenangkan pertandingan tersebut dan mengamankan posisi ke dua. Dengan kata lain, Kroasia telah di atas angin untuk melenggang ke fase 16 besar dengan predikat sebagai juara grup D.

Pertahanan Lapis Baja

Capaian bagus Kroasia tek lepas dari kinerja apik lini belakang Kroasia. Sejak kualifikasi piala dunia 2018, gawang Kroasia yang dikawal oleh Danijel Subasic susah untuk dibobol lawan. Berada satu grup dengan Islandia, Ukraina, Turki, Finlandia, dan Kosovo, gawang Kroasia hanya bobol 4 kali. Raihan ini menyamai atau bahkan lebih baik dari tim-tim besar seperti Jerman, Portugal, Perancis, maupun Italia yang terkenal dengan pertahanan gerendelnya.
Kinerja apik lini pertahanan Kroasia selama kualifikasipun mampu dipertahankan hingga putaran final Piala Dunia di Rusia. Sejauh ini, dalam dua pertandingan penyisihan grup hanya ada dua tim yang mampu menjaga gawangnya tetap perawan yaitu Uruguai dan Kroasia. Tidak menutup kemungkinan jika performa ciamik lini pertahanan dapat di pertahankan, Kroasia mampu mengukir sejarah baru di Piala Dunia 2018 Rusia.


 Klasmen Sementara Grup D
Sumber : google.com



Klasmen Akhir Kualifikasi Piala Dunia Grup I 

Sumber : google.com

Lini Depan Yang Efektif

Kerja bagus juga ditunjukkan oleh lini serang tim Kroasia. Meskipun diawal gelaran Piala Dunia 2018 Kroasia mencoret salah satu striker andalan mereka, Nikola Kalinic, namun semua itu tidak mengurangi daya gedor tim Kroasia. Dalam dua pertandingan, Mario Mandzukic dkk mampu melepaskan 18 tendangan, 8 diantaranya mengarah tepat ke gawang dan membuahkan 5 gol. Capaian lima gol ini sementara menempatkan Kroasia menjadi tim dengan produktifitas tertinggi setelah Rusia dengan 8 golnya. 


Sumber : livescore.com


Sejauh mana Kroasia mampu melangkah?

Terakhir kali Kroasia berhasil lolos dari penyisihan grup Piala Dunia adalah di tahun 1998. Bahkan ditahun tersebut, Kroasia mampu menggondol juara ke 3, setelah di partai perebutan juara ke 3 berhasil mengalahkan Belanda dengan skor 2 - 1.

Namun setelah itu, Kroasia tak dapat berbicara banyak diajang empat tahunan ini. Mereka hanya menjadi tim penggembira diturnamen sepak bola terakbar ini. Di tahun 2002, 2006, dan 2014 mereka selalu gugur dalam penyisihan grup.

Namun, nampaknya di tahun ini nasib Kroasia telah berubah, dari tim penggembira menjadi tim kuda hitam yang layak diperhitungkan. Setelah dipastikan lolos ke fase 16 besar dan kemungkinan besar menjadi juara grup, Kroasia diprediksi akan melaju minimal sampai fase 8 besar. Di fase 16 besar diperkirakan Kroasia akan berjumpa dengan runner up grup C yaitu antara Denmark atau Australia. Diperediksi Kroasia tidak mengalami banyak kesulitan untuk melewati salah satu diantara mereka. Mengingat kedua tim tersebut sama-sama tidak memiliki daya gedor yang dahsyat untuk merobohkan lini belakang Kroasia.

You Might Also Like

0 komentar