GRUP D MENYAJIKAN LAGA PALING SERU

June 26, 2018


Ekspresi Sang Kapten Argentina Saat Timnya Harus Mengakui Keunggulan Kroasia

Jika ada yang bertanya, grup mana yang paling kompetitif? Grup D lah jawabannya. Bagaimana tidak? Grup yang dihuni oleh Argentina, Kroasia, Nigeria, dan Islandia merupakan grup yang semua anggotanya masih punya peluang untuk melenggang ke fase 16 besar. Alhasil, grup ini akan menyajikan pertandingan seru hingga pertandingan ketiganya.

Argentina yang sebelum kompetisi diulai diprediksi akan melenggang mulus ke fase 16 ternyata malah terseok-seok didasar klasemen. Bermodalkan skuat lini depan yang bertabur bintang mulai dari Lionel Messi, Kun Aguero, Gonzalo Higuain, Paulo Dybala hingga Christian Pavon, namun deretan nama besar tersebut belum mampu membawa Argentina menjadi tim adidaya dalam ajang empat tahunan ini.

Dalam dua laga pertama yang telah dijalaninya, anak asuhan Jorge Sampaoli hanya mampu mengantongi 1 poin dari hasil imbang 1 – 1 melawan Islandia. Sedangkan dilaga keduanya, Messi dkk harus mengakui keperkasaan Kroasia dengan skor 0 – 3. 

Klasmen Sementara Grup D
        Sumber : google.com
 
Penampilan yang kurang menjanjikan dari Argentina sebenarnya sudah terlihat sejak babak kualifikasi Piala Dunia 2018. Sebagai pemegang 2 kali gelar juara, mereka harus menunggu hingga pertandigan terakhir untuk memastikan tampil di Rusia. Hanya mengantongi 7 kali kemenangan dari 18 laga yang dilakoninya adalah sebuah indikator bahwa Argentina belum menunjukkan tajinya seperti halnya 32 tahun silam ketika Diego Maradona dkk menjuarai Piala Dunia.

Harus Menang

Hanya mengantongi 1 poin dari dua laga yang telah dilakoni, otomatis menempatkan Argentina dalam posisi genting. Messi dkk harus memenangkan laga terakhir melawan Nigeria dan itupun masih bergantung dengan hasil dari pertandingan antara Kroasia vs Islandia. Gawatnya, Argentina tak hanya membutuhkan sekedar kemengangan, namun sebuah kemenangan dengan jumlah gol lebih banyak dari kemenangan Islandia atas Kroasia (Jika Islandia menang melawan Kroasia).

Meskipun kapten Kroasia, Luca Modric beberapa waktu silam menyatakan akan bermain maksimal dan berjuang mengalahkan Islandia agar Argentina bisa lolos ke fase 16 besar, namun semua itu bukan jaminan Kroasia akan dengan mudah mengalahkan Islandia. Mengingat posisi Kroasia yang sudah memastikan diri menjadi pemuncak grup D kemungkinan besar sang pelatih akan mengistirahatkan beberapa pemain kuncinya dan mencoba menurunkan para pemain yang sejauh ini masih duduk di bangku cadangan.

Disisi lain, Nigeria yang saat ini sudah mengantongi poin 3, pastinya akan berjuang mati-matian untuk mengamankan tiket 16 besar. Setidaknya Ahmet Musa dkk hanya butuh hasil imbang untuk mengamankan tiket ke fase 16 besar. Peluang ini akan tertutup jika Islandia mampu mengalahkan Kroasia dengan selisih skor lebih dari dua gol. Namun hal tersebut nampaknya hampir mustahil mengingat Kroasia memiliki barisan pertahanan yang solit, yang dibuktikan dengan belum pernah kebobolan dalam dua pertandingan awal Piala Dunia 2018. 

Lebih Menusuk

Di dua laga awal, meskipun lini serang Argentina dihuni penyerang-penyerang bintang lima, namun kinerja mereka masih jauh dari memuaskan. Sejauh ini mereka baru satu kali menceploskan bola kegawang lawan.

Seakan-akan tidak ada artinya Argentina menguasai pertandingan dengan penguasaan bola selalu unggul jauh dari lawannya jika para pemain Argentina tak dapat mencetak gol.

Statistik Pertandingan Argentina vs Islandia 

Sumber : livescore.com

 Statistik Pertandingan Argentina vs Kroasia

Sumber : livescore.com


Dipertandingan melawan Nigeria nanti, mau tidak mau Sampaoli harus merombang lini serangnya. Minimnya penetrasi dalam kotak pinalti dan tendangan ke gawang menjadi perhatian khusus yang harus dibenahi.

You Might Also Like

0 komentar