HAGIA SOPHIA

June 19, 2013



           


             Istanbul memang memiliki sejuta pesona yang mampu memikat hati dan pikiran setiap insan manusia tak terkecuali, baik itu muslim maupun non-muslim. Berbagai peninggalan bangunan bersejarah bertaburan di Istanbul. Disamping terkenal dengan sejarahnya, Istanbul juga memiliki daya tarik pesona kotanya. Istanbul yang terbagi menjadi dua bagian dipisahkan oleh selat Bosphorus membuat kota ini semakin unik dan eksotis. Uppss, tetapi kali ini saya tidak akan memaparkan tentang eksotisme kota yang dulu dikenal dengan Konstantinopel ini. Sekarang saya mau bercerita tentang salah satu icon Istanbul yang tentunya sudah akrab di telinga kita, yaitu Hagia Sophia Museum atau istilah bahasa Turkinya Aya Sofia.
Hagia Sophia jika dilihat dari Blue Mosque
            Hagia Sophia dibangun pada abad 4 masehi oleh Kekaisaran Byzantium. Terletak di kompleks wisata sejarah Camberlitas Turki yang terdiri dari Blue Mosque (Sultan Ahmed Cami’I, Hagia Sophia (Aya Sofya), dan Topkapi Sarayi, ketiganya terletak berdekatan satu sama lain. Hagia Sophia merupakan gereja terbesar dan termegah pada masanya, dengan tinggi sekitar 200 kaki yang terdiri dari 2 lantai. Sungguh mengagumkan untuk bangunan yang dibuat 1600 tahun yang lalu. Hagia Sofya merupakan gereja yang berbentuk Boroque dengan atap berkubah besar, hampir sama dengan masijid-masjid pada umumnya.
            Pada tahun 27 Mei 1453 M, Sultan Mehmed II berhasil menaklukkan Konstantinopel dan mengalih fungsikan Hagia Sofya menjadi masjid. Akan tetapi ornament-ornamen dalam Hagia Sofya tidak dirubah, seperti lukisan Bunda Maria yang sedang Menggendong Yesus dan lukisan-lukisan lain yang berada di dinding dan kubah bangunan tidak di hapus. Yang menjadi penanda bahwa bangunan itu telah beralih fungsi menjadi masjid yaitu tulisan raksasa bertuliskan Allah dan Muhammad yang tersemat di dinding-dinding bangunan. Konon, tulisan-tulisan tersebut saking besarnya tidak bisa dikeluarkan melalui pintu Hagia Sofya jika tanpa di potong-potong telebih dahulu.
Bagian Depan (imam)
Koridor Hagia Sophia yang megah
            Di bagian depan (mimbar dan tempat imam) terdapat lukisan Bunda maria dan Yesus sewaktu bayi dengan dikelilingi oleh tulisan Allah dan Muhammad. Tangga untuk naik ke laintai dua bukanlah erbentuk berundak, melainkan tanjakan miring biasa dengan lorong gelap nan panjang.
            Dengan membayar 20 lira (tahun 2010) pengunjung dapat mmenikmati pesona bangunan termegah di abad 4 M. Keindahan akan saling menghormati, toleransi dan religiunisme.  

You Might Also Like

2 komentar

  1. Wah, menarik sekali. Bangunannya Indah, dan megah. juga masih tetap kokoh kendati usia sudah lebih dari satu setengah milenium. Sungguh bukti tingginya peradaban Kekaisaran Byzantium....

    Ngomong-ngomong, 20 lira itu kalau dirupiahkan kira2 berapa ya?

    ReplyDelete
  2. kalo dulu 1 lira sekitar 7000. Sekarang saya kurang begitu tau

    ReplyDelete

INSTAGRAM