TEMPAT WIASATA DI ISTANBUL

September 21, 2012


Aya Sofya, salah satu icon kota Istanbul
Banyak orang yang mengiginkan berwisata religi sambil menambah ilmu pengetahuan tentang sejarah peradaban manusia masa lalu di negeri Eropa. Sangatlah banyak tempat wisata di Eropa yang menyuguhkan model wisata religi dan wisata sejarah sekaligus, salah satunya adalah Kota Istanbul. Istanbul merupakan ibukota negara yang terkenal dengan “Negeri Seribu Masjid” alias Negara Turki. Menariknya, Ibokota Negara Turki ini terletak di dua benua yaitu Benua Asia dan Benua Eropa. Selat Bhosphorus lah yang membelah kota sejarah peradaban kebudayaan Islam, Romawi, dan Kriten terbagi dua bagian, sebagian di Benua Asia dan sebagian lagi di Benua Eropa. 
“Avrupanin Kultur Baskenti” (Ibukota Kebudayaan Eropa), itulah semboyan Kota Istanbul di tahun 2012. Dengan menyuguhkan bangunan-bangunan besar nan bersejarah, akan menjadi daya tarik wisatawan mancanegara untuk berkunjung. Kota Istanbul menyimpan sejuta sejarah dan nilai-nilai kebudayaan umat Islam. Istanbul dulunya merupakan pusat dari pemerintahan Dinasti Ottoman atau yang lebih dikenal dengan Turki Ustmani. Dinasti yang berkuasa di Eropa Tenggara sampai Afrika bagian utara ini meningkalkan tempat-tempat sejarah yang wajib anda kunjungi.
            Masjid Sultan Ahmed atau yang terkenal dengan nama Blue Mosque adalah salah satunya. Masjid yang maha besar ini di bangun pada tahun 1609 masehi. Masjid ini dikelilingi oleh 6 menara yang menjulang tinggi ke langit. Dengan dihisai atap kubah khas masjid-masjid di Turki yang berbentuk dome bertingkat, membuat Masjid Sultan Ahmet terlihat gagah. Masjid Sultan Ahmed dibuka untuk umum, jadi anda dapat masuk ke masjid ini dan anda dapat pula melaksanakan ibadah sholat di masjid ini secara gratis. Kemajuan arsitektur di negara Turki memang tak diragukan lagi, hal ini tercermin dalam indahnya bangunan yang menjadi kebanggaan masyarakan muslim Turki ini. Desain interiornya sangat luar biasa, dengan dihiasi lampu kecil-kecil yang mengelilingi seluruh ruangan masjid, akan membuat ibadah anda lebih nyaman dan khusuk.
            Kalau anda ingi lebih tahu tentang Dinasti Turki Ottoman, anda tidak boleh melewatkan tempat wisata yang satu ini, yaitu Istana Topkapi. Istana Topkapi merupakan pusat pemerintahan dan kediaman para raja Ottoman yang berkuasa saat itu.  Di dalam istana ini anda dapat melihat peninggalan-peninggalan para raja yang berkuasa di Dinasti Turki Ottoman, mulai dari jubah para raja, foto, perhiasan, sampai cerita-cerita singkat riwayat para raja. Selain peninggalan para raja Dinasti Ottoman, di Istana Topkapi juga menyimpan peninggalan-peninggalan sejarah dari para nabi dan rasul. Salah satu peninggalan Nabi Muhammad SAW adalah sehelai jenggot beliau. Jenggot yang konon merupakan jenggot Nabi Muhammad ini diawetkan dalam gelas kecil yang diberi cairan pengawet berwarna biru. Selain itu, disini juga terdapat tongkat yang digunakan Nabi Musa AS. yang bisa berubah menjadi ular saat melawan kebiadaban Firaun. Masih banyak lagi peninggalan-peninggalan para nabi dan rasul yang disimpan dalam istana Topkapi ini.
            Bangunan yang penah dijadikan tempat ibadah oleh dua agama berbeda, yaitu Kristen dan Islam adalah Aya Sofya. Aya Sofya terletak di samping kompleks Masjid Sultan Ahmed. Bangunan ini dulunya merupakan Gereja, akan tetapi setelah Kota Istanbul direbut kembali oleh umat Islam, bangunan ini beralih fungsi menjadi masjid. Ornamen-ornamen Kristen yang ada di dalam bangunan ini tidak dihilangkan meskipun bangunan ini beralih fungsi menjadi masjid. Ini menunjukkan bahwa para raja Dinasti Turki Ottoman mempunyai rasa toleransi yang sangat tinggi.

You Might Also Like

0 komentar

INSTAGRAM