KETEP PASS

August 09, 2012


Kabupaten Magelang memang terkenal dengan tempat-tempat pariwisata favorit nan eksotis, mulai dari wisata sejarah, budaya sampai wisata alam. Kabupaten yang teletak di perbatasan Jawa Tengah dengan Daerah Istimewa Yogyakarta ini memiliki alam yang sangat elok. Dikelilingi oleh gunung-gunung di empat penjuru mata angin merupakan anugrah dari Sang Pencipta.  Disebelah utara ada gunung Merbabu, Andong dan Telomoyo,  di sebelah barat ada Gunung Sumbing dan Sindoro, di sebelah selatan ada Pegunungan Menoreh dan disebelah timur ada Gunung Merapi.

            Dikelilingi dengan gunung-gunung, membuat Kabupaten Magelang memiliki banyak tempat wisata alam yang menakjubkan, salah satunya adalah Ketep Pass. Tempat wisata alam ini terletak di kaki gunung Merbabu, tepatnya di Desa Ketep, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang.  Ketep Pass dapat di jangkau dengan kendaraan apa saja, mualai dari sepada motor sampai bus pariwisata. Disamping medan yang tidak cukup berat, kondisi jalan menuju ke lokasi pun terbilang bagus. Hanya membutuhkan waktu 40 menit dari Kota Magelang untuk sampai di Ketep Pass.

            Ketep Pass diresmikan menjadi objek wisata alam kabupaten Magelang oleh Presiden RI ke 5, yaitu Megawati Soekarno Puteri pada tanggal 17 Oktober  2002. Daya tarik objek wisata ini adalah pesona alam, museum geologi dan bioskop mini yang memutar sejarah volcanologi gunung Merapi. Di ketep Pass, anda bisa melihat Kabupaten dan Kota Magelang dari ketinggian 1.200 mdpl. Disini anda juga dapat melihat gunung-gunung yang membentang tanpa putus mengelilingi Kabupaten Magelang.
            Pagi hari adalah waktu yang sangat pas buat anda jika ingin menikmati pesona Ketep Pass. Matahari dengan eloknya muncul dari lembah antara gunung Merbabu dan Merapi membuat pagi itu terasa indah. Sejuk segarnya udara gunung yang masih asri dan disempurnakan dengan hangatnya sinar matahari pagi membuat anda merasa rileks kembali dan membuat pikiran anda melupakan segala rutinitas kerja. Gunung Merbabu dan Merapi dengan gagahnya menjulang ke langit biru dan menampakkan ke indahannya. Hijaunya gunung Merbabu dan Indahnya asap yang keluar dari gunung merapi membuat anda berdecak kagum atas kekuasaan-Nya.

             Hanya dengan merogoh kocek 3000 rupiah, anda dapat menyewa teropong selama satu jam.  Dengan teropong, anda dapat melihat keadaan alam sekitar dengan sangat jelas. Anda dapat melihat secara detail dan jelas puncak Gunung Merapi maupun Merbabu yang sangat berbeda. Jika kondisi cuaca sedang bersahabat, Puncak kedua gunung ini terlihat jelas, serasa kita hanya beberapa ratus meter saja di bawah puncak. Pemandangan puncak yang berbeda antara kedua gunung ini akan membuat anda betah untuk terus mengamati kedua puncak gunung ini. Jika Gunung Merbabu dengan kehijauannya, Merapi menuguhkan pemandangan lautan pasir dan batu di puncaknya. Kedua gunung ini memang memiliki daya tarik yang luarbiasa. Gunung Merbabu terkenal akan hutan lebatnya, sedangkan Gunung Merapi terkenal akan lautan pasirnya.

            Sambil menikmati pesona alam yang asri, akan lebih lengkap jika ditemani dengan hangatnya jagung bakar. Ya, jagung bakar menjadi menu utama yang dijajakan di Ketep Pass. Hanya dengan 2000 rupiah, kita dapat menikmati lezatnya jagung bakar yang manis nan lezat. Di sini memang sudah disediakan gubuk-gubuk sederhana untuk bersantai dengan keluarga maupun kerabat sambil menikmati jagung bakar beserta kopi hangatnya.

            Setelah puas menikmati keindahan alam, anda dapat menambah wawasan anda dengan menonton film dokumenter tentang Gunung Merapi di bioskop Ketep Pass. Bioskop ini memiliki kapasitas yang lumayan besar, yaitu sekitar 78 kursi. Film dokumenter yang diputar memuat proses terbentuknya Gunung Merapi sampai sejarah erupsi Gunung Merapi. Film ini disajikan secara singkat dan jelas, hanya berdurasi sekitar 25 menit. Film ini dapat menambah wawasan kita tentang Gunung Merapi, dan dahsyatnya letusan Gunung ini. Salah satunya adalah letusan pada tahun 1993 dan 2010. Kedua letusan ini terbilang sangat besar hingga menyebabkan banyak korban dan warga sekitar Gunung mengungsi ketempat yang lebih aman.

            Hanya kantong tipis, anda dapat menikmati pesona Ketep Pass yang pastinya akan memanjakan kedua mata anda.

You Might Also Like

1 komentar

  1. kantong tipis apanya?masuknya aja skarang mahal kok,, Rp. 7000,00 ,- / orang tauk hahaha :P

    ReplyDelete