Sejarah Microsoft Windows

February 07, 2012

            Microsoft Windows? Siapa sih orang yang tidak kenal Microsoft Windows. Sekarang ini, Microsoft windows adalah sistem operasi (OS) yang menguasai dunia teknologi OS. Wuuihh, hebat benar OS ini, bagaimana sih sejarahnya windows bisa sehebat ini? Ayo bersama-sama kita berbincang-bincang tentang Windows J
SEJARAH WINDOWS
Microsoft Windows atau yang lebih dikenal dengan nama Windows merupakan sisitem operasi (operating sistem) yang dikembangkan oleh perusahaan Microsoft. Windows dikembangkan oleh microsoft dengan menggunakan antarmuka dengan pengguna berbasis grafik ( grafik user interface)
Windows sendiri adalah sistem operasi hasil evolusi dari MS-DOS. Hah.. Apalagi MS- DOS itu? MS-DOS adalah sistem informasi yang berbasis modus teks dan command-line.MS- DOS adalah sistem operasi pertama yang dimiliki oleh Microsoft. Pada tahun 1983, Microsoft mengumumkan pembangunan Windows untuk menggantikan sitem operasi MS-DOS.
Berikut ini adalah urutan sejarah perkembangan Microsoft windows:
1.      Microsoft Windows 1.0 (20 November 1985)
tampilan microsoft windows 1.0
Windows 1.0 merupakan OS pertama dari Microsoft Windows. Akan tetapi, Windows 1.0 kurang popular di pasaran. Hal ini dikarenakan Windows 1.0 masih memiliki banyak kekurangan dalam beberapa fungsionalitas. Windows 1.0 tidak menyediakan sistem operasi yang lengkap tetapi lebih mirip dengan versi MS-DOS yang diperluas dan masih mempunyai banyak kekurangan.

2.      Microsoft Windows versi 2 (9 Desember 1987)
Microsoft Windows versi 2 diciptakan tahun  1987, dan lebih populer dibanding versi Windows 1.0. Mengapa Windows versi 2 lebih terkenal? Hal ini disebabkan sistem operasi ini mendukung aplikasi grafis buatan Microsoft, misalnya Exel (Microsoft Exel) dan Word (Microsoft Word) karena aplikasi tersebut tidak dapat dijalankan dari MS-DOS.

3.      Windows 3.0 (1990)
Dengan windows inilah Microsoft windows meraih kesuksesan yang luar biasa. Selain menawarkan peningkatan kemampuan terhadap aplikasi Windows, Windows 3.0 juga mampu mengizinkan pengguna untuk menjalankan beberapa aplikasi MS-DOS secara serentak (multitasking)

4.      Windows 3.1 (1992)

5.      Windows NT (Juli 1992)
Windows ini dibuat oleh Dave Cutler. Beberapa fitur dari  Windows NT juga dapat digunakan pada jaringan LAN sehingga menjadi populer.

6.      Windows NT 4.0

7.      Windows 98 (25 Juni 1998)

8.      Windows 2000 (Februari 2000)

9.      Windows Me

10.  Windows XP (2001)

Pada Windows ini, akhirnya Microsoft berhasil untuk menyatukan Windows bebasis Windows 9x dan NT. Keunggulan Windows XP.
·         Aplikasi yang dijalankan pada system Windows XP dapat dijalankan oleh komputer lain melalui internet.
·         Memiliki stabilitas yang tinggi.
·         Banyak software yang kompatibel.
11.  Windows Vista (30 November 2006)

Windows Vista memang dicanangkan agar memiliki keamanan yang lebih tangguh dibandingkan dengan versi-versi sebelumnya, dengan memperkenalkan sebuah modus pengguna yang terbatas, yang disebut sebagai User Account Control (UAC), untuk menggantikan filosofi "administrator-by-default" yang diberlakukan pada Windows XP. Windows Vista juga memperkenalkan fitur grafik yang jauh lebih "memikat", yang disebut dengan Windows Aero GUI.
12.  Windows 7 (22 Oktober 2009)

tampilan windows 7
Windows ini memiliki keamanan dan fitur yang baru, diantaranya adalah: Jump List, Taskbar yang membuka program dengan tampilan kecil, Windows Media Player 12, Internet Explorer 8, dan lain-lain. Beberapa fitur yang unik adalah Sidebar yang berganti nama menjadi Gadget dan bebas ditaruh kemana-mana pada desktop (tidak seperti Sidebar yang hanya bisa diletakkan di tempat tertentu).

*Windows 8 diperkirakan akan tersedia untuk publik di awal tahun 2012


Daftar Pustaka:




You Might Also Like

1 komentar